Welcome to http://jadimanhutapea.blogspot.com

Laman

Raja Sisingamangaraja I - XII

Penyebutan dirinya bernama Sisingamangaraja sebenarnya bukanlah atas kemauan sendiri melainkan karena demikianlah bisikan Debata kepadanya. Itu makna bahwa secara fisik boleh saja dirinya bernama Raja Manghuntal,akan tetapi dari segi rohaniah ia bersama Sisingamangaraja. Dalam kepercayaan agama Malim, Sisingamangaraja disebut juga anak Debata, karena ia dianggap inkarnasi(kesatuan ilahi dengan manusia).
Setelah masyarakat menerima kehadiran Sisingamangaraja pertama sebagai Raja yang resmi di Tanah Batak, beliaulah yang menjalankan Roda kerajaan dan mengayomi masyarakat batak, mengisbatkan adat istiadat, peraturan, hukum dan kerajaan. Selanjutnya setelah beliau wafat kerajaaan dipegang oleh keturunannya secara estafet hingga generasi kedua belas.

Dalam konteks agama malim, roh Sisingamangaraja bukan terbilang banyak, melainkan hanya satu. Sisingamangaraja hanya mempunyai satu sifat dan kepribadian.selain itu perlu dicatat, bahwa pemberian peringkat yang dimulai dari I hingga XII pada nama Sisingamangaraja, sesungguhnya bukanlah pemberian dari keluarganya, melainkan penamaan yang diberi oleh Belanda pada masa penjajahan dengan maksud utk memudahkan orang mengingat penggalan sejarah.
Perkiraan Tahun Kelahiran Sisingamangaraja I – XII
No
Nama Asli
Nama Malim
Tahun Lahir
1
Raja Manghuntal
Sisingamangaraja I
1515 M
2
Raja Tinaruan
Sisingamangaraja II
1545 M
3
Raja Itubungna
Sisingamangaraja III
1575 M
4
Sori Mangaraja
Sisingamangaraja IV
1605 M
5
Ampallongos
Sisingamangaraja V
1635 M
6
Ampanggulbuk
Sisingamangaraja VI
1665 M
7
Ompu Tuan Lombut
Sisingamangaraja VII
1695 M
8
Ompu Sotaronggal
Sisingamangaraja VIII
1725 M
9
Ompu Sohalompoan
Sisingamangaraja IX
1755 M
10
Ompu Tuan Nabolon
Sisingamangaraja X
1785 M
11
Ompu Sohahuaon
Sisingamangaraja XI
1815 M
12
Patuan Bosar Ompu Pula Batu
Sisingamangaraja XII
1845 M
Sumber : Batara Sangti, 1978 : 22

Bagi orang batak dahulu Sisingamangaraja dinamakan “ Debata na tarida sombaon na binoto “ (Debata yang tampak dan objek sembahan yang diketahui). Selaian itu Sisingamangaraja disebut sebagai orang yang sudah tujuh kali malim dan tujuh kali solam ( tujuh kali suci dan tujuh kali takwa) suatu sebutan peringkat tertinggi dalam kesucian (malim) dan kesalehan/ketakwaan (solam). (Sumber :Agama Malim di Tanah Batak : Ibrahim Gultom)

1 komentar:

  1. Kalau boleh minta tolong lae, referensinya juga dong. Mauliate ma parjolo.

    BalasHapus

javascript:void(0)