Welcome to http://jadimanhutapea.blogspot.com

Laman

Gereja HKBP Paronan Nagodang - Laguboti

Masyarakat Toba Samosir mayoritas menganut agama Kristen. Dan memang kenyataannya bahwa masyarakat itu tekun beribadah dan memiliki cerita yang original tentang yang yang diyakininya. Kehidupan yang religius masyarakat Toba Samosir sudah mendarah daging kepada setiap keturunannya. Umumnya adalah HKBP ( Huria Kristen Batak Protestan ) dimana gereja tersebut di dapatkan hampir di setiap tempat dan bahkan di pelosok desa yang ada di kabupaten Toba Samosir.

Berikut adalah sebuah gereja Tradisional HKBP, yang merupakan gereja tua yang di bangun dengan model dan arsitek lama. Gereja tersebut adalah Gereja HKBP Paronan Nagodang yang di jema’ati oleh Desa Ompu Raja Hutapea Timur dan Desa Pardinggaran yang ada di Kecamatan Laguboti, Toba Samosir.


Gereja HKBP Paronan Nagodang - Laguboti

Sampai saat ini, gereja tersebut masih berdiri kokoh dengan megahnya, tempat partungkoan bagi masyarakat setempat dan naposobulung huria Paronan Nagodang. Tanpa sebut nama, bahwa Gereja tersebut meluncurkan naposo bulung yang berpendidikan dan religius yang sudah beredar di seluruh penjuru nusantara Indonesia sebagai generasi penerus bangsa. Akhir kalimat : semoga tetap berkembang dan terus maju.


Gereja HKBP Paronan Nagodang - Laguboti



Eme ni Simbolon parasaran ni si borok,
Sai horas-horas ma hita on laos Debata ma na marorot.

Habang pidong sibigo, paihut-ihut bulan,
Saluhut angka na tapangido, sai tibu ma dipasaut Tuhan.

-horas-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

javascript:void(0)