Welcome to http://jadimanhutapea.blogspot.com

Laman

Makam Pahlawan Sisingamangaraja XII

Berkujung ke Tanah Batak, Balige Soposurung atau biasa disebut Bona Pasogit menjadi kebiasaan sebuah hal yang mengharukan jika sudah lama dari tanah rantau. Salah satunya mengujungi lokasi makam pahlawan sisingamangaraja ke XII di lokasi soposurung, Balige Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Makam Pahlawan Nasional
Raja Sisingamangaraja XII Soposurung Balige

Raja Sisingamangaraja XII, bergelar Ompu Pulo Batu merupakan seorang penguasa daerah Tapanuli pada akhir abad ke-19. Dia wafat pada 17 Juni 1907 saat membela diri dari serangan pasukan Belanda. Pada kenyataan nya, beliau hanyalah raja di negerinya sendiri yaitu Bakkara, dan dikenal sebagai Raja Orang Batak. Makam ini dipindahkan dari Tarutung.

Lokasi ini berjarak sekitar dua kilometer dari balige, menemukan makam ini, dapat juga sekaligus melihat gedung perpustakaan di lokasi tersebut. Disana kita akan mengetahui lengkap tentang biografi beliau. Dengan sarana tersebut diharapkan kita lebih mengenal dengan tokoh pendahulu kita, terkait perjuang kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Sekaligus berkunjung sebagai ungkapan rasa hormat atas perjuangan yang telah dilakukan Raja Singamangaraja XII mengadakan perlawanan terhadap kompeni Belanda di daerah Tapanuli.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

javascript:void(0)