Welcome to http://jadimanhutapea.blogspot.com

Laman

TAMBAK - Bagian Cultural Budaya Batak Toba

Tambak adalah kuburan keluarga yang ditandai dengan pohon kayu diatas pusara pembentuk golat keluarga atau golat marga. Hanya marga sisuan bulu dan marga sisuan baringin yang boleh manambak. Orang lain dalam hal ini boru nagojong boleh pula membuat tambak karena kedudukan nya telah disamakan dengan sinuan baringin di golat marga itu.

Bagaimana syarat membuat tambak yang harus dipenuhi?

Gambaran tambak adalah nilai dari kesatuan dari turunan pembentuk golat marga atau golat keluarga. Siapa saja yang dapat dikubur di sekitar tambak? Orang lain pun boleh dikubur disekitar tambak dengan persetujuan pemilik tambak. Tambak itu adalah milik bersama keluarga yang tidak boleh di bagi dan dijual karena menyangkut prestise keluarga. Siapa saja yang merusak tambak itu merupakan penghinaan terhadap rumpun keluarga dan golat marga tersebut. Soal tambak di Toba Samosir adalah sensitif karena melambangkan harga diri dari pemilik tambak.



Tambak adalah gambaran kesatuan keluarga yang dapat diwarisi tetapi tidak dapat dibagi dan diberikan kepada orang lain, karena semua rumpun keluarga marga itu merasa berhak untuk itu walaupun itu berasal dari yang mewarisinya.



1 komentar:

javascript:void(0)